Konsultan Program Smart Detox Synergy

Program Smart Detox adalah program diet dengan pasokan nutrisi yang cukup untuk mendetoksifikasi tubuh secara aman dan alami

Cranberry Sumber Vitamin C Yang Berlimpah

| 1 Comment

cranberry

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Cranberry (Vaccinium macrocarpon) telah diakui khasiatnya selama berabad-abad. Penduduk asli Amerika menggunakan cranberry mentah sebagai pembalut luka. Pemukim awal dari Inggris mencoba menggunakan cranberry baik mentah dan dimasak untuk sejumlah penyakit seperti kehilangan nafsu makan, masalah pencernaan, gangguan darah, dan penyakit scurvy (kekurangan vitamin C yang menyebabkan kelemahan, penyakit gusi, dan perdarahan spontan di kulit).

Mengobati infeksi saluran kencing

Jus cranberry telah lama digunakan sebagai obat tradisional klasik Amerika, terkenal berkhasiat sebagai obat infeksi saluran kencing, hal itu mendorong ilmuwan untuk menyelidikinya lebih dari 70 tahun yang lalu.
Pada awal 1920-an, ilmuwan Amerika menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi cranberry dalam jumlah besar memiliki lebih banyak asam dalam urin mereka dibandingkan mereka yang tidak makan cranberry dalam jumlah tinggi. Karena bakteri tidak dapat bertahan hidup dalam lingkungan asam, para peneliti berspekulasi bahwa diet kaya cranberry dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih (ISK), yang biasanya disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Escherichia coli. Saat itu, popularitas cranberry untuk ISK melambung dan banyak perempuan melaporkan hasil yang memuaskan dari minum jus cranberry.
Studi terbaru menunjukkan bahwa cranberry dapat mengurangi kemampuan bakteri Escherichia coli untuk melekat pada dinding kandung kemih dan urethra sehingga dapat mengurangi potensi timbulnya infeksi saluran kemih.
ISK adalah masalah kesehatan serius yang menjangkiti jutaan orang setiap tahun. Sepanjang hidupnya, satu dari lima wanita kemungkinan terkena penyakit ini, tapi pria jarang sekali terkena. Hampir 20% dari wanita yang pernah terkena ISK akan terkena sekali lagi, dan 30% darinya akan terkena lebih dari dua kali. Kebanyakan infeksi berasal dari satu jenis bakteri yaitu Escherichia coli yang biasanya hidup di usus besar. Biasanya, infeksi terbaru berasal dari strain atau jenis bakteri yang berbeda dari infeksi sebelumnya, mengindikasikan infeksi baru.
Penelitian yang didanai NIH menunjukkan bahwa salah satu faktor di balik ISK berulang mungkin disebabkan karena adanya kemampuan bakteri untuk menempel pada sel yang melapisi saluran kemih. Peneliti yakin bahwa ISK dapat dicegah dengan cara menghambat bakteri penginfeksi melekat pada sel uroepithelial (Sobota 1984; Schmidt dan Sobota 1988; Zafriri 1989; Ofek 1991; Howell 1998).
Pelekatan bakteri pada sel-sel ini adalah langkah kritis dalam perkembangan infeksi, tanpa perlekatan bakteri akan terbuang bersama air kencing, tidak sempat berkolonisasi di saluran kencing.

Sebuah kelompok riset Israel mengamati fraksi kimia dari sejumlah jus buah. Mereka menemukan bahwa fruktosa, gula yang umum di banyak terdapat pada buah-buahan, memiliki beberapa efek anti-pelekatan pada bakteri. Mereka juga menemukan bahwa senyawa polimer nondialyzable yang diisolasi dari jus cranberry (dan jus blueberry) memiliki efek paling ampuh. Pada tahun 1991 peneliti Israel, mempublikasikannya di The New England Journal of Medicine, menduplikasi percobaan sebelumnya dan mengkonfirmasi hasilnya.
Cranberry juga tampaknya lebih efektif daripada probiotik tertentu dalam mencegah ISK berulang. Cranberry sering digunakan sebagai suplemen untuk mencegah atau melawan infeksi saluran kemih.

Mencegah penyakit tukak lambung

Penelitian laboratorium lebih lanjut menunjukkan bahwa cranberry juga dapat mencegah perlekatan mikroorganisme lain yang dikenal sebagai Helicobacter pylori pada dinding sel.
Helicobacter pylori adalah bakteri penyebab peradangan pada lambung (penyakit tukak lambung) yang bisa berlanjut menjadi kanker lambung, sehingga ada kemungkinan cranberry mungkin akhirnya terbukti berperan dalam pencegahan penyakit ini.
Studi juga menunjukkan bahwa cranberry dapat membantu mencegah bakteri melekat pada gusi dan sekitar gigi.

Cranberry adalah buah yang kaya antioksidan

Cranberry mengandung banyak antioksidan, sebagian berasal dari substansi yang disebut proanthocyanidins. Antioksidan menetralkan partikel perusak dalam tubuh yang disebut radikal bebas. Racun lingkungan (termasuk sinar ultraviolet, radiasi, merokok, dan polusi udara) dapat meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh, yang diyakini berkontribusi pada proses penuaan serta perkembangan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan infeksi. Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas dan dapat mengurangi atau bahkan membantu mencegah beberapa kerusakan yang ditimbulkannya.
Cranberry juga merupakan sumber vitamin C yang juga merupakan antioksidan penting lainnya. Jus ini sangat baik terhadap penyakit scurvy dan untuk meredakan demam.
Cranberry juga mengandung vasodilator kuat dan telah digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan.

Beberapa studi telah mengukur tingginya kadar antioksidan pada tubuh orang setelah minum jus cranberry. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan apakah ada kemampuan antioksidan dari cranberry untuk perlindungan terhadap penyakit jantung. Sebuah penelitian terbaru menemukan bukti yang menambah pengetahuan tentang khasiat cranberry, bahwa ekstrak cranberry menghambat enzim tertentu yang berakibat terjadinya penurunan risiko kanker.

Manfaat cranberry

  • Mengatasi infeksi saluran kemih (ISK)
  • Mengatasi infeksi bakteri Helicobacter pylori penyebab radang lambung
  • Sumber vitamin C
  • Perlindungan terhadap penyakit kardiovaskuler
  • Menurunkan resiko terkena kanker
  • Mengatasi masalah pernapasan

One Comment

  1. dimana dapat memesan jus/pil cranbarry dan brapa harganya. tks

Leave a Reply

Required fields are marked *.