Konsultan Program Smart Detox Synergy

Program Smart Detox adalah program diet dengan pasokan nutrisi yang cukup untuk mendetoksifikasi tubuh secara aman dan alami

February 14, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Acai Berry Buah Eksotik Sumber Antioksidan Dari Amazon

acai berryArtikel ini zlemaxoloth adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan sumber antioksidan terbaik itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Pohon acai (Euterpe oleracea) adalah sejenis pohon palem asli dari daerah hutan hujan Amazon. Pohon ini dapat tumbuh sampai ketinggian 15 meter, dan menghasilkan buah kecil berwarna ungu tua. Penduduk asli Brazil sudah mengenal khasiat penyembuhan dari buah acai sejak ribuan tahun yang lalu, mereka merasakan bahwa tingkat energi mereka meningkat jika mengkonsumsi buah sumber antioksidan terbaik ini secara teratur. Dan karena kandungan nutrisinya sangat tinggi, suku-suku itupun menggunakannya sebagai obat untuk berbagai penyakit dan untuk mempercepat pemulihan kondisi badan. Diceritakan, buah inilah yang membuat mereka bertahan saat ada bencana kelaparan.

Di Brasil, mereka menjuluki buah super ini “Beauty Berry” karena mengandung begitu banyak senyawa yang membuat tubuh merasa lebih baik luar-dalam. Kombinasi dari antioksidan alami terbaik, asam amino dan asam lemak omega semuanya membantu memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki fungsi metabolisme dan menghilangkan radikal bebas yang merusak dari tubuh kita.

Manfaat acai berry

Acai mengandung semua vitamin dan mineral yang bisa ditemukan pada buah-buahan, tetapi juga menawarkan berbagai senyawa kimia tanaman unik yang tidak ditemukan pada buah lain yang manapun. Studi terbaru oleh Dr Stephen Talcott yang dilakukan di University of Florida menunjukkan bahwa ada 50-75 senyawa alami aktif dalam acai yang belum diidentifikasi.

Saat popularitas Acai mencapai puncaknya pada tahun 2006, para ahli mulai meneliti manfaat nutrisinya untuk memisahkan fakta dari fiksi. Sebuah studi oleh University of Florida (UF) menunjukkan bahwa antioksidan dalam ekstrak Acai memang dapat menghancurkan sel-sel kanker manusia. Stephen Talcott, asisten profesor di UF Institut Ilmu Pangan dan Pertanian, mengatakan bahwa ekstrak Acai memicu respons merusak diri sendiri dalam 86% dari sel-sel leukemia yang diuji. “Acai berry sudah dianggap sebagai salah satu buah sumber antioksidan terkaya,” kata Talcott. “Penelitian ini merupakan langkah penting menuju pembelajaran apa yang bisa diperoleh manfat dari menggunakan minuman, suplemen, dan produk lain yang terbuat dari berry ini”

Sebuah penelitian lanjut di tahun 2008, yang melibatkan subyek manusia, oleh tim ilmuwan dari Texas AgriLife Research menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah Acai yang mudah diserap oleh tubuh manusia. Untuk uji klinis, 12 relawan yang sehat mengkonsumsi satu porsi jus atau bubur (pulp) acai. Ternyata sampel darah dan urin pada 12 dan 24 jam setelah konsumsi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas antioksidan dalam darah.
Penelitian selanjutnya akan menentukan apakah acai benar-benar memiliki kemampuan melawan penyakit, serta ukuran porsi(dosis) yang tepat agar khasiatnya bisa dirasakan. Klaim kemampuan acai untuk menurunkan berat badan belum diverifikasi.

Di antara sekian banyak jenis antioksidan alami yang terdapat dalam acai, ada satu yang paling kuat yang disebut antosianin, yang diduga menjadi kekuatan utama acai dalam melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Antosianin ini umum terdapat dalam buah-buahan berwarna merah dan ungu seperti anggur dan berries, tapi acai mengandung jauh lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Tingkat ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) acai adalah lebih dari 3.500, yang ratusan kali lebih tinggi dari buah rata-rata seperti apel dan pisang.

Selain itu, buah acai yang kecil ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan sebutir telur, dan jika dikombinasikan dengan asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 yang dikandungnya; acai mampu memperbaiki penampilan dan tekstur rambut, kulit, dan kuku.

Bentuk paling umum dari acai untuk dikonsumsi adalah jus, yang dibuat oleh penduduk Amazon dengan memeras seluruh berry matang. Jika Anda bepergian ke Brasil, Anda dapat menikmati semangkuk acai beku, dicampur dan ditutup dengan potongan pisang dan granola. Acai juga dijual di pantai dan disajikan seperti es krim, beku dan dimakan dengan sendok.
Anda yang tinggal di Indonesia sulit mendapatkan acai segar seperti ini. Tapi jika Anda ingin memasukkan acai ke dalam menu makanan sehari-hari untuk mendapatkan segala manfaat kesehatannya, Anda bisa memperoleh jus konsentrat acai yang diproduksi oleh Synergy. Produk konsentrat jus acai yang bernama Mistica ini tidak ditambahkan pemanis dan bahan sintetis lainnya yang bisa mengurangi khasiat acai. Malahan dalam produk ini dimasukan konsentrat dari buah-buahan eksotik lainnya yang merupakan sumber antioksidan tertinggi atau sangat kaya kandungan  antioksidannya.

February 13, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Elderberry Makanan Untuk Immune System Boosters

elderberry

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Elderberry (Sambucus nigra) telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Timur, sekarang ini khasiat pengobatan elderberry sedang diselidiki dan ditemukan kembali. Elderberry digunakan karena khasiat dari kandungan antioksidannya, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memperbaiki penglihatan, meningkatkan sistem imunitas, memperbaiki kesehatan jantung, dan untuk menyembuhkan batuk, flu, pilek; melawan infeksi bakteri dan virus, dan tonsilitis. Bioflavonoid dan beberapa macam protein dalam buah berry ini merusak kemampuan virus influenza untuk menginfeksi sel. Orang yang terkena flu dan mengkonsumsi elderberry dilaporkan mengalami simptom yang lebih ringan dan lebih cepat pulih dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Kandungan bermanfaat dalam elderberry

Elderberry mengandung pigmen organik, tannin, asam amino, karotenoid, flavonoid, gula, rutin, viburnic acid, vitamin A, vitamin B, dan banyak sekali vitamin C. Bersifat sedikit pencahar (laxative), diuretik, dan mengeluarkan keringat (diaphoretic). Flavonoid, termasuk quercetin, dipercaya sebagai penyumbang efek therapeutik dari elderberry. Menurut penelitian laboratoris, flavonoid tersebut termasuk antosianin merupakan antioksidan kuat dapat melindungi sel terhadap kerusakan.

Di Hasassah’s Oncology Lab Israel telah dibuktikan bahwa elderberry menstimulasi imunitas tubuh, dan dicoba digunakan untuk merawat pasien kanker dan AIDS. Spektrum kemampuan mengobati penyakit yang sangat luas, mulai dari flu dan pilek hingga meringankan asma, diabetes, dan penurunan berat badan, mungkin disebabkan karena terjadinya peningkatan daya tahan tubuh.

Di Pusat Riset Makanan Di Bundesforschungsanstalt Karlsruhe, Jerman, ilmuwan yang meneliti elderberry menunjukkan bahwa antosianin pada elderberry dapat memperkuat sistem imunitas tubuh dengan cara memacu produksi cytokines. Cytokines ini adalah semacam protein unik yang bertindak sebagai ‘pembawa berita’ (messengers) dalam sistem imunitas untuk membantu mengatur respons imunitas, jadi membantu tubuh dalam melawan penyakit.

Riset lebih lanjut menunjukkan bahwa antosianin yang ditemukan dalam elderberry memiliki kapasitas antioksidan melebihi vitamin E atau C.
Studi pada Austria’s University of Graz menemukan bahwa ekstrak elderberry dapat mengurangi oksidasi kolesterol LDL. Oksidasi kolesterol LDL ini berimplikasi pada atherogenesis, yang berkontribusi pada timbulnya penyakit kardioveskuler.

Manfaat elderberry

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Memperbaiki penglihatan
  • Meningkatkan sistem imunitas
  • Memperbaiki kesehatan sistem kardiovaskuler
  • Menyembuhkan batuk, flu, pilek
  • Melawan infeksi bakteri dan virus

February 12, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Bilberry Makanan Untuk Perbaikan Pembuluh Darah

bilberry

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Bilberry (Vaccinium myrtillus) memiliki riwayat dalam pengobatan tradisional di Eropa, digunakan mulai dari meluruhkan batu ginjal hingga perawatan demam tipus. Konon pada Perang Dunia II para pilot Inggris mengkonsumsi bilberry untuk mempertajam penglihatan malam. Riset modern ternyata mendukung klaim-klaim tersebut.

Manfaat bilberry

Bilberry mengandung antosianosida yang merupakan antioksidan kuat yang berkhasiat untuk:

  • Memperkuat dinding pembuluh dan dinding pembuluh kapiler darah, meningkatkan sel darah merah, memperlancar sirkulasi darah
  • Menstabilkan jaringan kolagen seperti tendon, ligamen dan tulang rawan; memiliki efek anti-aging pada struktur kolagen
  • Meningkatkan retinal pigmens yang membuat mata lebih mentoleransi cahaya dan memperbaiki penglihatan
  • Membantu menjaga fleksibilitas sel-sel darah merah, sehingga memungkinkannya melalui pembuluh darah kapiler untuk memasok oksigen. Karena mata banyak memiliki pembuluh kapiler, maka disinilah terletak khasiat bilberry dalam memperbaiki penglihatan. Bilberry mampu memperbaiki penglihatan malam, memperlambat degenerasi makular, mencegah katarak, dan masalah pada mata akibat diabetes (diabetic retinopathy)
  • Memperbaiki kondisi angina, stroke, dan atherosklerosis.
  • Memperbaiki kondisi varises
  • Memiliki sifat vasodilator yang memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah

Individu dengan pengerasan pembuluh darah, diabetes, tekanan darah tinggi atau kondisi lain yang meningkatkan kemungkinan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata, cenderung lebih memiliki masalah penglihatan yang serius sebagai akibat dari kerusakan pembuluh darah. Bilberry dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi masalah ini, tapi bukan digunakan sebagai obat tetes mata.

Bilberry juga digunakan untuk mencegah dan mengobati kondisi yang dikenal sebagai insufisiensi vena kronis, yang terjadi ketika katup dalam pembuluh darah vena yang membawa darah kembali ke jantung lemah atau rusak.
Darah dapat terkumpul pada pembuluh darah di kaki dan menyebabkan varises, spider veins, atau borok pada kaki. Akibat yang lebih fatal dapat mencakup pembekuan darah di kaki. Karena bilberry dapat memperkuat dinding semua pembuluh darah di tubuh, maka bilberry dapat meredakan wasir.

Di masa lalu, bilberry kering digunakan untuk mengobati diare karena kandungan tanin yang tinggi (1,5% sampai 10%), bertindak sebagai zat untuk menciutkan (astringent) saluran pencernaan. Astringent menyusutkan dan mengencangkan membran mukosa sehingga mengurangi sekresi, mengurangi iritasi, dan meningkatkan kekuatan jaringan. Teh dari buah bilberry kering juga digunakan untuk mengurangi sakit tenggorokan atau mulut.

Dalam pengobatan tradisional, daun bilberry telah digunakan untuk mengobati diabetes. Bukti yang terbatas dari percobaan pada hewan menunjukkan beberapa kemungkinan bahwa bilberry memiliki efek penurunan kadar gula darah. Selain itu, setidaknya dalam satu studi, ekstrak daun bilberry juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hewan percobaan di laboratorium.

Percobaan lainnya pada hewan telah menguji potensi efek anti-kanker bilberry. Dalam sebuah penelitian laboratorium, bilberry dapat menghentikan pertumbuhan leukemia dan sel-sel kanker usus besar. Sementara hasil awal menunjukkan bahwa antosianida yang diperoleh dari bilberry juga dapat memblokir efek dari enzim dan bahan kimia lainnya yang mendorong pertumbuhan tumor, tapi perlu diadakan studi-studi lebih lanjut. Sampai saat ini, belum ada penelitian klinis pada manusia yang telah mengkonfirmasikan khasiat bilberry dalam masalah penyakit kanker.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak Bilberry memiliki aktivitas anti-ulkus yang menjanjikan, baik preventif dan kuratif. Ketika diberikan kepada pasien diabetes, bilberry menormalkan ketebalan kolagen pada pembuluh darah kapiler dan kadar gula darah pada manusia dan hewan.

February 11, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Red Raspberry Makanan Anti Obesitas

raspberry

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Raspberry merah (Rubus idaeus) sejak lama sudah dijadikan obat herbal tradisional. Daunnya dibuat menjadi teh dan berbagai bagian tanaman digunakan untuk obat kumur tenggorokan, pengobatan morning sickness, obat pencernaan dan sejenisnya.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa mengkonsumsi raspberry merah dapat mencegah kanker dengan cara menghambat pembelahan sel abnormal dan mendorong kematian normal sel-sel sehat. Pengujian yang dilakukan di Hollings Cancer Center di Medical University of South Carolina telah mengungkapkan bahwa tubuh manusia mudah menyerap asam elagat (ellagic acid) dari raspberry merah. Asam elagat ini telah secara klinis terbukti menyebabkan apoptosis (kematian sel) pada beberapa sel kanker.

Di antara beberapa phytochemical yang signifikan, raspberry merah mengandung asam elagat, senyawa fenolik yang menunjukkan efek anti-karsinogenik terhadap berbagai karsinogen dalam beberapa jaringan.
Dalam studi dengan tikus dan mencit, baik in vitro dan in vivo, asam elagat ternyata mampu menghambat secara signifikan beberapa jenis kanker: usus besar, esofagus, hati, paru-paru, lidah, dan kulit
Dengan cara yang sama, quercetin, salah satu flavanols yang ditemukan dalam raspberry, diketahui bisa menjadi anti-karsinogen yang efektif terhadap kanker kulit, usus, dan kanker payudara.

Antosianin yang banyak terdapat dalam raspberry merah, bekerja sebagai antioksidan yang melindungi terhadap penyakit jantung dan penurunan mental yang berkaitan dengan usia.

Yang perlu dicatat adalah bahwa mengkonsumsi raspberry secara utuh ternyata lebih memberikan banyak khasiat ketimbang mengkonsumsi kandungan phytochemicalnya tunggal dalam bentuk suplemen. Walaupun belum dipahami secara penuh, tapi jelas nutraceutical (zat-zat dalam tanaman yang berkhasiat untuk pengobatan) secara keseluruhan khasiatnya lebih besar dibandingkan jumlah khasiat bagian-bagiannya.

Kandungan dan manfaat raspberry

  • Memiliki tingkat ORAC yang tinggi – ORAC adalah ukuran kapasitas antioksidan suatu zat . Raspberry merah dengan ORAC dari 24 µmole / TE / g mirip dengan blueberry yang sudah terkenal karena nilai antioksidan nya itu
  • Raspberry memiliki kandungan tinggi dalam senyawa polifenol yang dikenal karena sifat anti-kankernya
  • Red Raspberry mengandung antioksidan kuat seperti Vitamin C, quercetin dan asam galat yang mampu melawan kanker, penyakit kardiovaskuler, dan penyakit degeneratif
  • Mengandung asam elagat, yang dikenal sebagai chemopreventative, yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi
  • Keton raspberry merah saat ini digunakan di Jepang sebagai suplemen penurunan berat badan. Raspberry merah mengandung zat kimia yang disebut keton, yang memberikan buah rasa dan aroma yang unik. Keton ini telah lama digunakan untuk menambah rasa dan aroma makanan dan kosmetik. Kini raspberry merah ini menimbulkan kehebohan di produk penurunan berat badan, keton raspberry dijual sebagai suplemen herbal dengan klaim dapat mengobati obesitas, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan massa tubuh tanpa lemak dan bahkan mengobati kerontokan rambut.
  • Minyak biji raspberry merah telah menarik industri cosmeceutical karena kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3 dan memiliki faktor perlindungan matahari (SPF) sebesar 24-50.
  • Raspberry dapat menghambat produksi enzim COX-I dan enzim COX-II . Produk anti inflamasi seperti ibuprofen dan aspirin juga menghambat COX -I dan COX-II sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan arthritis , gout dan kondisi inflamasi lainnya

February 10, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Anggur Merah Makanan Sumber Antioksidan Paling Ampuh

grape

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Anggur merah (Vitis vinifera) dan anggur concord (Vitis labrusca) adalah buah yang sangat bermanfaat karena mengandung banyak vitamin C, juga flavonoid yang merupakan antioksidan kuat.
Biji anggur sering diekstrak dijadikan suplemen karena mengandung salah satu antioksidan paling ampuh yang ditemukan di alam, yaitu kelas khusus bioflavonoid yang larut dalam air disebut proanthocyanidins.
Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan bioflavonoid spesifik ini adalah 20 sampai 50 kali lebih besar dibanding β-karoten, vitamin C, dan vitamin E dalam membersihkan (scavenging) radikal bebas tertentu.
Dengan cara memberi nutrisi dinding pembuluh darah dan melakukan fungsi-fungsi lain untuk memperbarui pembuluh darah, proanthocyanidins membantu menjaga tekanan darah yang normal, kesehatan jantung, dan respon terhadap peradangan yang tepat.

Ekstrak biji anggur berasal dari biji (dan kadang-kadang kulit) anggur merah. Digunakan secara luas di Eropa, ekstrak ini kaya akan flavonoid, phytochemical yang memiliki sifat antioksidan yang oleh sebagian orang dianggap lebih kuat dibanding vitamin C dan vitamin E. Antioksidan ini dipercaya dapat mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit dengan cara menjaga sel-sel terhadap kerusakan yang disebabkan oleh molekul oksigen tidak stabil yang disebut radikal bebas.
Biji anggur juga telah digunakan sebagai sumber fenol (tokoferol), yang dapat menghambat infeksi jamur, juga menghambat steroid tertentu seperti campesterol sehingga bermanfaat dalam menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dalam darah.
Flavonoid yang paling berkhasiat dalam ekstrak biji anggur adalah oligomer procyanidolic (juga dikenal sebagai proanthocyanidins), biasa disebut PCO. Disamping fungsi antioksidan, PCO diperkirakan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperkuat pembuluh darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit jantung dan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa PCO adalah 50 kali lebih kuat dibandingkan vitamin E dan 20 kali lebih kuat dibandingkan vitamin C.
Dokter Eropa meresepkan obat yang mengandung PCO untuk berbagai gangguan vaskuler, yang mendapatkan manfaat dari perbaikan aliran darah ini adalah penderita penyakit seperti diabetes, kram kaki, varises, lengan dan kaki mati rasa atau kesemutan dan bahkan impotensi.
Kondisi degenerasi makula dan katarak juga dapat diperbaiki melalui efek ekstrak terhadap sirkulasi.

Memperbaiki pembuluh darah

Proanthocyanidins dapat membantu membangun kekuatan struktural pembuluh darah, membantu menstabilkan kolagen, dan memelihara elastin. Kolagen dan elastin adalah dua protein yang ditemukan dalam jaringan ikat yang mendukung organ-organ, sendi, dan otot.

Dengan memelihara dan memberikan nutrisi (nourishing) dinding pembuluh darah dan melakukan fungsi-fungsi memperbaharui lain, proanthocyanidins membantu menyokong tekanan darah yang sehat, kesehatan jantung, dan respon terhadap peradangan yang tepat.
Ini juga mungkin efektif untuk memperlambat retinopathy, kerusakan bertahap pada retina yang biasanya disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah kapiler.
Individu dengan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), diabetes, atau kondisi lain yang meningkatkan kemungkinan kerusakan pada pembuluh darah kapiler di mata, cenderung memiliki masalah penglihatan yang serius sebagai akibat dari kerusakan tersebut.
Ekstrak biji anggur juga dapat mengurangi stres pada mata yang disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang. Memperlambat laju degenerasi makula dan katarak.
Ekstrak biji anggur meningkatkan aliran darah dalam pembuluh kapiler mata, dimana penyakit mata tertentu dapat menyebabkan penyumbatan dan gangguan yang mengakibatkan kerusakan penglihatan. Katarak adalah contohnya. Kekuatan antioksidan dari ekstrak ini adalah nilai khusus dalam menangkal kerusakan akibat radikal bebas yang sering disebut sebagai penyebab utama degenerasi makula .

Hasil penelitian pada manusia dan beberapa riset di laboratium pada hewan percobaan menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskuler seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol darah yang tinggi. Ada zat dalam ekstrak biji anggur yang dapat memblok efek dari enzim yang memproses lemak, termasuk kolesterol, dari makanan. Hanya sedikit lemak yang diserap tubuh, lebih banyak yang dibuang dari tubuh. Riset yang lain menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu mencegah atau mengontrol kerusakan pada sel-sel tubuh yang disebabkan oleh obat-obatan, polusi, tembakau, dan racun-racun lainnya. Sementara semua studi ini tampak menjanjikan, diperlukan penelitian lebih lanjut, termasuk studi jangka panjang pada manusia, untuk mengkonfirmasi temuan awal ini.

Mencegah dan mengobati wasir

Efek memperkuat pembuluh darah dari ekstrak biji anggur juga juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati wasir dan mengobati kondisi yang dikenal sebagai insufisiensi vena kronis, yang terjadi ketika katup dalam pembuluh darah vena yang membawa darah kembali ke jantung lemah atau rusak. Darah yang terkumpul dalam pembuluh darah kaki dapat menyebabkan varises, spider veins, atau borok pada kaki.

Menormalkan kadar kolesterol

Sebuah studi menunjukkan bahwa PCO dapat berfungsi seefektif aspirin dalam menjaga agar sel-sel darah tidak saling menempel dan membentuk gumpalan darah (disebut efek antikoagulan). Dan PCO ini tidak menimbulkan risiko iritasi gastrointestinal atau perdarahan seperti yang terjadi pada pemakaian aspirin.
Menariknya, studi pendahuluan lain yang menggunakan minyak biji anggur (yang berhubungan dengan ekstrak biji anggur) menunjukkan bahwa mengkonsumsinya 2 sendok sehari untuk menggantikan minyak lainnya dalam memasak dapat meningkatkan kolesterol HDL sebesar 14% dan mengurangi trigliserida sebesar 15% dalam tempo hanya empat minggu.

Mengandung zat anti kanker

Salah satu polifenol yang terkandung dalam ekstrak biji anggur yang disebut resveratrol. Dalam penelitian laboratorium pada hewan, resveratrol ini nampaknya bisa mengganggu pertumbuhan dan pembelahan sel-sel kanker, serta menyebabkan beberapa sel kanker menghancurkan dirinya sendiri lebih cepat dibandingkan biasanya. Di samping itu juga dapat menghalangi enzim yang memperpanjang kelangsungan hidup beberapa jenis sel kanker. Akibatnya, tumor mungkin berhenti tumbuh atau benar-benar menyusut karena lebih banyak sel-sel kanker yang mati. Oleh karena itu, resveratrol mungkin memiliki aktivitas anti-kanker langsung. Resveratrol ini bekerja keras untuk membantu mengendalikan kerusakan sel, secara rutin memburu dan menetralisir mutasi dalam bahan genetik dari sel-sel yang dapat menyebabkan pembentukan tumor. Pengembangan dan progresi kanker paru-paru, payudara, perut, prostat, usus besar, kulit dan bagian tubuh lainnya dapat terhenti sebagai hasilnya.

Hal ini juga dapat meningkatkan efektivitas dan/atau mengurangi efek sampingan dari obat yang saat ini digunakan untuk kemoterapi kanker. Salah satu kemungkinan aplikasi adalah memakai resveratrol selama kemoterapi agar dosis obat kanker dapat dikurangi tanpa mengurangi efektivitasnya sehingga mengurangi efek sampingan yang merugikan.

Efek yang sama terlihat dalam penelitian laboratorium ekstrak biji anggur melawan HIV, virus penyebab AIDS. Meskipun bagaimana tepatnya cara bahan ini dapat melawan HIV dan virus lainnya belum diketahui, diperkirakan bahwa ia mengganggu multiplikasi virus, mungkin dengan mencegah perlekatan virus pada sel inang. Berapa dosis resveratrol dan bahan kimia lainnya dalam ekstrak biji anggur dapat mempengaruhi sel-sel manusia normal belum diketahui.

Mengatasi fibromyalgia

Fibromyalgia adalah gangguan yang sulit dipahami (elusive disorder) berhubungan dengan nyeri dan kekakuan otot kronis, kondisi kronis ini ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon. Fibromyalgia juga dicirikan dengan kelelahan pada beberapa bagian tubuh (multiple tender point) yang jika diberi tekanan sedikit saja akan menimbulkan rasa sakit. Kekuatan antioksidan dari ekstrak biji anggur dapat membantu meminimalkan kerusakan fibromylagia dengan melindungi sel-sel otot yang ‘terkurung’.

Mengatasi endometriosis

Gangguan seperti endometriosis, yang dipengaruhi oleh pelepasan zat seperti hormon yang disebut prostaglandin, dapat mengambil manfaat dari kemampuan ekstrak biji anggur untuk memblokir pelepasan zat kimia penyebab rasa sakit dan peradangan ini. Antioksidan dari ekstrak biji anggur efektif menembus membran sel di seluruh tubuh, bahkan bisa menyeberang ke otak (melintasi barrier darah-otak) untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan oleh radikal bebas.

Mengobati penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim

Komponen tertentu dalam kulit – kolagen, elastin dan asam hyaluronic – berpartisipasi dalam menjaga kulit agar tetap sehat. PCO membantu menjaga zat ini dalam kondisi baik dengan cara menghambat enzim yang dapat mengganggu struktur kimianya. Dengan cara ini, ekstrak biji anggur mungkin berguna dalam mengobati kondisi peradangan kulit seperti psoriasis. Flavonoid juga dapat menghambat reaksi alergi yang dapat menghasilkan masalah kulit seperti eksim.

Mengurangi gejala alergi

Sebagai antihistamin alami, ekstrak biji anggur dapat membantu untuk mengontrol bersin, hidung tersumbat dan reaksi-reaksi alergi lainnya. Ekstrak ini juga menghambat pelepasan bahan kimia yang disebut prostaglandin yang dapat menghasilkan peradangan selama respon alergi. Kerjasama antara antihistamin dan anti-inflamasi dapat membantu untuk menjaga dan mengatasi respon alergi seperti gatal-gatal, demam dan eksim.

Membantu pertumbuhan rambut

Para peneliti telah menemukan bahwa ekstrak biji anggur dapat membantu mengalahkan dihidrotestosteron hormon (DHT) yang menghentikan siklus pertumbuhan folikel rambut sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut sehat.

February 9, 2014
by Kie Eng Tjun
1 Comment

Cranberry Sumber Vitamin C Yang Berlimpah

cranberry

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Cranberry (Vaccinium macrocarpon) telah diakui khasiatnya selama berabad-abad. Penduduk asli Amerika menggunakan cranberry mentah sebagai pembalut luka. Pemukim awal dari Inggris mencoba menggunakan cranberry baik mentah dan dimasak untuk sejumlah penyakit seperti kehilangan nafsu makan, masalah pencernaan, gangguan darah, dan penyakit scurvy (kekurangan vitamin C yang menyebabkan kelemahan, penyakit gusi, dan perdarahan spontan di kulit).

Mengobati infeksi saluran kencing

Jus cranberry telah lama digunakan sebagai obat tradisional klasik Amerika, terkenal berkhasiat sebagai obat infeksi saluran kencing, hal itu mendorong ilmuwan untuk menyelidikinya lebih dari 70 tahun yang lalu.
Pada awal 1920-an, ilmuwan Amerika menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi cranberry dalam jumlah besar memiliki lebih banyak asam dalam urin mereka dibandingkan mereka yang tidak makan cranberry dalam jumlah tinggi. Karena bakteri tidak dapat bertahan hidup dalam lingkungan asam, para peneliti berspekulasi bahwa diet kaya cranberry dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih (ISK), yang biasanya disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Escherichia coli. Saat itu, popularitas cranberry untuk ISK melambung dan banyak perempuan melaporkan hasil yang memuaskan dari minum jus cranberry.
Studi terbaru menunjukkan bahwa cranberry dapat mengurangi kemampuan bakteri Escherichia coli untuk melekat pada dinding kandung kemih dan urethra sehingga dapat mengurangi potensi timbulnya infeksi saluran kemih.
ISK adalah masalah kesehatan serius yang menjangkiti jutaan orang setiap tahun. Sepanjang hidupnya, satu dari lima wanita kemungkinan terkena penyakit ini, tapi pria jarang sekali terkena. Hampir 20% dari wanita yang pernah terkena ISK akan terkena sekali lagi, dan 30% darinya akan terkena lebih dari dua kali. Kebanyakan infeksi berasal dari satu jenis bakteri yaitu Escherichia coli yang biasanya hidup di usus besar. Biasanya, infeksi terbaru berasal dari strain atau jenis bakteri yang berbeda dari infeksi sebelumnya, mengindikasikan infeksi baru.
Penelitian yang didanai NIH menunjukkan bahwa salah satu faktor di balik ISK berulang mungkin disebabkan karena adanya kemampuan bakteri untuk menempel pada sel yang melapisi saluran kemih. Peneliti yakin bahwa ISK dapat dicegah dengan cara menghambat bakteri penginfeksi melekat pada sel uroepithelial (Sobota 1984; Schmidt dan Sobota 1988; Zafriri 1989; Ofek 1991; Howell 1998).
Pelekatan bakteri pada sel-sel ini adalah langkah kritis dalam perkembangan infeksi, tanpa perlekatan bakteri akan terbuang bersama air kencing, tidak sempat berkolonisasi di saluran kencing.

Sebuah kelompok riset Israel mengamati fraksi kimia dari sejumlah jus buah. Mereka menemukan bahwa fruktosa, gula yang umum di banyak terdapat pada buah-buahan, memiliki beberapa efek anti-pelekatan pada bakteri. Mereka juga menemukan bahwa senyawa polimer nondialyzable yang diisolasi dari jus cranberry (dan jus blueberry) memiliki efek paling ampuh. Pada tahun 1991 peneliti Israel, mempublikasikannya di The New England Journal of Medicine, menduplikasi percobaan sebelumnya dan mengkonfirmasi hasilnya.
Cranberry juga tampaknya lebih efektif daripada probiotik tertentu dalam mencegah ISK berulang. Cranberry sering digunakan sebagai suplemen untuk mencegah atau melawan infeksi saluran kemih.

Mencegah penyakit tukak lambung

Penelitian laboratorium lebih lanjut menunjukkan bahwa cranberry juga dapat mencegah perlekatan mikroorganisme lain yang dikenal sebagai Helicobacter pylori pada dinding sel.
Helicobacter pylori adalah bakteri penyebab peradangan pada lambung (penyakit tukak lambung) yang bisa berlanjut menjadi kanker lambung, sehingga ada kemungkinan cranberry mungkin akhirnya terbukti berperan dalam pencegahan penyakit ini.
Studi juga menunjukkan bahwa cranberry dapat membantu mencegah bakteri melekat pada gusi dan sekitar gigi.

Cranberry adalah buah yang kaya antioksidan

Cranberry mengandung banyak antioksidan, sebagian berasal dari substansi yang disebut proanthocyanidins. Antioksidan menetralkan partikel perusak dalam tubuh yang disebut radikal bebas. Racun lingkungan (termasuk sinar ultraviolet, radiasi, merokok, dan polusi udara) dapat meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh, yang diyakini berkontribusi pada proses penuaan serta perkembangan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan infeksi. Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas dan dapat mengurangi atau bahkan membantu mencegah beberapa kerusakan yang ditimbulkannya.
Cranberry juga merupakan sumber vitamin C yang juga merupakan antioksidan penting lainnya. Jus ini sangat baik terhadap penyakit scurvy dan untuk meredakan demam.
Cranberry juga mengandung vasodilator kuat dan telah digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan.

Beberapa studi telah mengukur tingginya kadar antioksidan pada tubuh orang setelah minum jus cranberry. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan apakah ada kemampuan antioksidan dari cranberry untuk perlindungan terhadap penyakit jantung. Sebuah penelitian terbaru menemukan bukti yang menambah pengetahuan tentang khasiat cranberry, bahwa ekstrak cranberry menghambat enzim tertentu yang berakibat terjadinya penurunan risiko kanker.

Manfaat cranberry

  • Mengatasi infeksi saluran kemih (ISK)
  • Mengatasi infeksi bakteri Helicobacter pylori penyebab radang lambung
  • Sumber vitamin C
  • Perlindungan terhadap penyakit kardiovaskuler
  • Menurunkan resiko terkena kanker
  • Mengatasi masalah pernapasan

February 8, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Delima Rajanya Buah Sumber Antioksidan

pomegranates

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Delima (pomegranate, Punica granatum) merupakan salah satu buah tertua yang dikenal, delima ditemukan dalam tulisan-tulisan dan artefak dari banyak kebudayaan. Padat dengan nutrisi, buah yang kaya antioksidan ini dihormati sebagai simbol kesehatan, kesuburan dan kehidupan kekal. Delima berasal dari Persia (Iran sekarang).

Mencegah penyakit kardiovaskuler

Delima adalah buah yang merupakan sumber senyawa-senyawa fitokimia yang baik. Delima mengandung kadar tinggi flavonoid dan polifenol, antioksidan kuat yang mampu memberi perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker. Segelas jus buah delima memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan anggur merah, teh hijau, blueberry, maupun cranberry.

Ada senyawa yang hanya ditemukan dalam buah delima yang disebut punicalagins, yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Punicalagins adalah komponen utama yang bertanggung jawab untuk antioksidan dan manfaat kesehatan delima itu. Punicalagins tidak hanya menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tetapi juga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kecepatan pencairan substansi yang menyebabkan penyumbatan jantung (aterosklerosis).
Penelitian medis baru-baru ini mempelajari penderita penyakit jantung dengan penyumbatan arteri karotis yang parah. Pasien diberi satu ons jus delima setiap hari selama setahun. Ternyata tidak hanya tekanan darah si pasien turun lebih dari 12%, tapi juga ada penurunan 30% dalam plak aterosklerotik. Yang mengherankan, pasien yang tidak mengkonsumsi jus delima mengalami peningkatan plak aterosklerotik mereka dengan 9%.

Dalam penelitian lain, senyawa antioksidan kuat yang ditemukan dalam buah delima telah terbukti dapat mengurangi agregasi platelet dan menurunkan tekanan darah secara alami, faktor-faktor yang mencegah baik serangan jantung maupun strokes

Mencegah penyakit kanker

Buah delima tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) tetapi dalam percobaan menggunakan hewan di laboratorium juga telah terbukti dapat menghambat kanker payudara, kanker prostat, kanker usus, leukemia, dan mencegah perubahan vaskuler yang mendorong pertumbuhan tumor.
Beberapa penelitian in vitro juga telah menunjukkan efek anti-kanker yang luar biasa ini.
Studi lanjutan dan uji klinis saat ini sedang berlangsung, dan diharapkan dapat mengungkapkan efek yang luar biasa ini pada manusia.

Membantu orang depresi dan mencegah osteoporosis

Sebagai catatan, jus delima mengandung senyawa fitokimia yang merangsang serotonin dan reseptor estrogen, memperbaiki simptom depresi dan meningkatkan massa tulang pada hewan percobaan di laboratorium
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa delima adalah salah satu makanan padat gizi terhebat untuk kesehatan yang menyeluruh. Temuan klinis ini dengan jelas menunjukkan korelasi antara senyawa delima dan efek positifnya terhadap kesehatan sistem kardiovaskular, saraf, dan tulang manusia maupun hewan percobaan.

Manfaat dan khasiat delima

  • Sumber antioksidan paling kuat diantara semua buah-buahan
  • Memiliki potensi anti-kanker dan mendukung sistem kekebalan tubuh
  • Menghambat agregasi platelet abnormal yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan penyakit emboli
  • Menurunkan kadar kolesterol darah dan faktor-faktor risiko penyakit jantung lainnya
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mampu mereduksi plak aterosklerotik
  • Memiliki manfaat untuk meringankan atau melindungi terhadap depresi dan osteoporosis

February 7, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Blueberry Si Lezat Sumber Antioksidan Unggulan

blueberryArtikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Blueberry (Vaccinium corymbosum) tidak hanya lezat, tapi juga rendah kalori dan banyak mengandung vitamin, serat makanan, mangan, besi, dan antioksidan. Buah dan daun memiliki sejumlah khasiat yang telah digunakan selama beberapa generasi untuk mengobati dan mencegah masalah pencernaan, meningkatkan sirkulasi, menjaga kesehatan mata, dan mengurangi peradangan. Penelitian ilmiah di Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa terus mengungkapkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari blueberry.

Makanan yang mengandung antosianin, antioksidan yang bagus

Blueberry bermanfaat untuk kesehatan, kemampuan ini berkaitan dengan kandungan phytochemical (zat kimia yang berasal dari tanaman) nya yang unik, yang paling berlimpah adalah antosianin – pigmen tanaman yang membuat warna biru pada blue berry. Kini riset terhadap blueberry banyak difokuskan terutama pada sifat antioksidannya, dengan potensi pencegahan terhadap kanker, perlindungan terhadap penyakit yang terkait demensia, penyakit pada saluran kemih, penyakit jantung, dan masalah penglihatan.

Selama berabad-abad, sejak jaman Yunani kuno dan Roma, blueberry telah digunakan untuk mengobati penyakit pada saluran kemih. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam hipurat dalam blueberry memberikan suasana asam bagi urin, yang mencegah perkembangan bakteri berbahaya dan membantu melarutkan kalsium oksalat yang menyebabkan batu ginjal.

Mengkonsumsi blueberry secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, penyakit neurologis seperti Alzheimer, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, dan kanker. Blueberry juga terbukti ampuh mengatasi resistensi insulin yang terkait dengan obesitas dan diabetes.
Blueberry memiliki salah satu kapasitas antioksidan tertinggi dari semua buah-buahan dan sayuran, yang dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak struktur selular dan DNA.

Mengatasi masalah pencernaan

Sifat astringent (astringent adalah zat yang menyebabkan jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut) dan antivomitive dalam blueberry membuatnya dapat digunakan dalam mengatasi beberapa masalah pencernaan. Zat astringent mampu menghentikan diare dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Lebih dari 30 sifat anti-inflamasi yang hadir dalam blueberry dan dapat membantu mengurangi efek dari penyakit radang usus.

Meningkatkan sirkulasi darah

Ekstrak blueberry membantu meningkatkan sirkulasi mikro, yang sangat baik untuk pembuluh kapiler yang menyalurkan darah ke mata, membran mukosa saluran pencernaan, dan sistem paru-paru. Kapiler yang sehat juga meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh, membantu mereka yang menderita arthritis, retensi air, varises, memar, dan wasir.

Mengobati luka dan penyakit kulit

Blueberry juga efektif untuk mengobati luka dan penyakit kulit. Obat kumur yang terbuat dari daun kering blueberry dapat membantu mengurangi sariawan dan sifat anti-inflamasi dari tanaman ini juga membantu mengurangi jerawat dan penyembuhankannya.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki diet tinggi antosianin yang ditemukan dalam blueberry, mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Potensi manfaat blueberry terhadap kesehatan jantung meliputi: peningkatan fleksibilitas pembuluh darah, menurunkan peradangan, dan penurunan agregasi platelet.

Mencegah penyakit alzheimer

Blueberry juga merupakan ‘tonikum’ otak. Penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu me-recover memori dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak, yang dapat membantu untuk mengatasi awal timbulnya atau perkembangan penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer. Temuan ini telah memacu penelitian baru ke dalam manfaat blueberry pada fungsi kognitif, sejak para peneliti melihat adanya kemungkinan mengatasi penyakit genetik seperti Alzheimer ini.

February 7, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Goji Berry Herbal Tradisional China Untuk Menunjang Vitalitas

goji berry

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Goji berry (Lycium barbarum) juga dikenal sebagai wolfberry. Goji berry dikenal memiliki banyak efek positif bagi orang-orang yang ingin memperoleh kesehatan tubuh secara menyeluruh. Goji berry telah dimanfaatkan selama ribuan tahun di pelbagai belahan bumi; tabib China menggunakannya untuk memperkuat tulang dan otot, meningkatkan fungsi hati, membantu mempertajam penglihatan, dan terutama untuk menunjang vitalitas tubuh.

Melawan kanker

Salah satu tes yang paling penting bagi Goji berry dilakukan pada tahun 1994, ketika para ilmuwan akhirnya menggunakan manusia dalam beberapa eksperimen dengan berry ini. Mereka menemukan bahwa pasien penderita kanker menjadi lebih reseptif terhadap metoda perawatan mereka dan menunjukkan hasil yang lebih baik terhadap metoda perawatan tersebut ketika mereka makan goji berry. Ini masuk akal karena faktanya memang goji berry mengandung antioksidan yang dikenal mampu melawan kanker dan penyakit menular lainnya. Penelitian lainnya yang dilakukan dalam tabung reaksi menghasilkan kesimpulan yang sama seperti percobaan yang dilakukan pada tahun 1994.

Menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Percobaan dalam tabung reaksi menemukan bahwa goji berry baik untuk mendorong pertumbuhan sel yang baik, dan antioksidan yang ditemukan di dalamnya sangat kuat untuk pencegahan penyakit.
Salah satu temuan yang menarik adalah bahwa goji berry bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada beberapa individu dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah pada individu yang sama.

Meningkatkan energi tubuh dan mempertajam penglihatan

Goji berry dapat mempertajam penglihatan, tapi selain itu goji berry juga telah lama diketahui bisa memperkuat kaki. Hal ini mempromosikan goji berry sebagai makanan yang bisa meningkatkan kondisi tubuh secara keseluruhan, bukan hanya area tertentu. Dengan adanya pengetahuan ini, orang akan tertarik untuk memasukkan goji berry sebagai makanan sehari-hari mereka. Mereka yang mengkonsumsinya tiap hari menemukan bahwa tingkat energinya meningkat ke titik dimana mereka merasa lebih kuat dan lebih segar dibandingkan sebelumnya.

Meningkatkan vitalitas dan kesuburan pada pria dan wanita

Walaupun fungsi utamanya adalah dalam mencegah penyakit, ada juga yang menggunakan goji berry untuk membantu meningkatkan kesuburan pada wanita dan membantu meningkatkan fungsi seksual pada pria. Salah satu alasannya adalah karena sirkulasi darah ke seluruh tubuh telah dilancarkan, maka segala aktivitas akan dapat dilaksanakan dalam kondisi prima. Aktivitas seksual adalah salah satu aktivitas yang membutuhkan kondisi tersebut, jadi ini adalah efek sampingan yang baik dari mengkonsumsi goji berry, bukan tujuan utamanya.

Investasi kesehatan jangka panjang

Kebanyakan orang mengkonsumsi goji berry dengan tujuan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan berumur panjang. Mereka tidak hanya ingin menghindar kanker dengan antioksidan, tetapi mereka juga ingin semakin sehat hari demi hari. Dapat menghindari penyakit-penyakit ‘sepele’ seperti pilek atau flu yang membebani tubuh dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar bisa tetap sehat dalam jangka waktu yang lebih lama, tubuh harus tetap fit dan ini hanya bisa terjadi ketika Anda bebas dari penyakit. Dengan cara ini vitalitas dan kesehatan jangka panjang ditingkatkan oleh goji berry.

Goji berry banyak manfaatnya bagi tubuh, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai ‘investasi’ bagi kesehatan jangka panjang. Antioksidan yang terkandung dalam goji berry banyak dikenal kemampuannya dalam melawan penyakit-penyakit pada hati. Untuk peminum alkohol dan pemakai obat-obatan yang ingin melindungi hatinya, menggunakan goji berry sebagai makanan atau supleman akan sangat bermanfaat.
Kesehatan tubuh secara menyeluruh untuk jangka panjang merupakan impian semua orang, sehingga dapat digambarkan bahwa orang-orang menggunakan goji berry tidak hanya untuk memperpanjang umur, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dalam menjalani kehidupannya itu.

Pendekatan holistik dalam kesehatan

Banyak hal yang belum diketahui tentang goji berry, tapi hasil dari semua penelitian sampai saat ini menunjukkan bahwa goji berry sangat baik bagi orang-orang yang ingin memperoleh kesehatan yang lebih baik dan mengurangi resiko terkena penyakit. Sangat masuk akal untuk orang-orang yang mengambil pendekatan holistik untuk kesehatan mereka.

Goji berry populer bukan karena bisa dimanfaatkan untuk satu maksud dan tujuan tertentu, tetapi karena buah ini dapat membantu meningkatkan kondisi tubuh dalam banyak cara yang berbeda. Pengujian telah menunjukkan bahwa goji berry memiliki khasiat yang signifikan untuk mencegah dan membantu penyembuhan penyakit seperti kanker. Sementara itu pengujian lainnya telah membuktikan bahwa goji berry efektif untuk pengobatan holistik.

Manfaat Goji Berry

  • Kesehatan tubuh secara menyeluruh (holistik)
  • Memperkuat tulang dan otot, meningkatkan fungsi hati, membantu mempertajam penglihatan, dan terutama untuk menunjang vitalitas tubuh.
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Melawan penyakit-penyakit pada hati
  • Mempertajam penglihatan
  • Memperkuat kaki
  • Meningkatkan kondisi tubuh secara keseluruhan
  • Meningkatkan kesuburan pada wanita
  • Meningkatkan fungsi seksual pada pria
  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan umur panjang
  • Menghindari penyakit-penyakit seperti pilek atau flu
  • Meningkatkan vitalitas dan kesehatan jangka panjang

February 7, 2014
by Kie Eng Tjun
0 comments

Teh Hijau Minuman Untuk Yang Ingin Sehat Dan Langsing

green tea

Artikel ini adalah bagian dari serial artikel yang memaparkan 10 makanan yang merupakan sumber antioksidan terbaik. Sepuluh jenis makanan itu umumnya dari keluarga berries yang tidak tumbuh di Indonesia, tapi Anda tetap bisa memperoleh khasiatnya dengan cara mengkonsumsi jus konsentratnya yang diproduksi oleh Synergy, yaitu Mistica.
Sepuluh makanan unggulan itu adalah: acai berry, pomegranate (delima), blueberry, cranberry, elderberry, bilberry, red raspberry, goji berry, anggur (merah dan concord), dan teh hijau

Teh hijau (Green tea, Camellia sinensis) telah menjadi fokus penelitian yang menarik, yang menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan, mencegah dan melawan kanker, dan penyakit lain dengan kandungan antioksidan supernya.
Teh hijau ini memiliki daftar panjang potensi manfaat kesehatan: digunakan untuk mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah borok, mengendalikan peradangan, pilek virus dan flu, mencegah penyakit gusi, gigi berlubang, dan bau mulut. Juga banyak digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyakit jantung, mencegah osteoporosis dan mencegah penggumpalan darah.

Teh hijau telah dikenal sebagai sumber antioksidan yang disebut polifenol, senyawa bermanfaat yang juga ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dan bahkan dalam minuman anggur merah (red wine). Daun ini juga menawarkan adanya antioksidan hebat yang disebut EGCG (epigallocatechin-gallate) serta zat penyembuhan terkenal lainnya termasuk fluoride, catechin, dan tanin.
Tanin diperkirakan dapat membantu tubuh membuang racun akibat polusi dan mempercepat metabolisme lemak.

Analisis kimia mengungkapkan bahwa teh hijau mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral yang larut dalam air, terutama seng, mangan, potasium, niasin, asam folat dan vitamin C. Satu cangkir teh hijau memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Para peneliti di University of Kansas menyatakan bahwa kekuatan antioksidan teh hijau sebanding 100 kali kekuatan antioksidan vitamin C, dan 25 kali dari vitamin E. Sebuah studi di Departemen Pertanian Amerika Serikat menemukan bahwa kapasitas antioksidan teh hijau lebih baik dibanding 22 macam buah-buahan dan sayuran.

Teh hijau membantu dalam mengobati kadar kolesterol tinggi, kadar trigliserida tinggi, hipertensi, dan merangsang fungsi kekebalan tubuh. Teh hijau benar-benar dapat menurunkan risiko terkena arteriosklerosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau menjaga terhadap penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki rasio kolesterol HDL kolesterol LDL, mengurangi agregasi platelet (pelekatan atau penggumpalan sel-sel darah), dan menurunkan tekanan darah.

Tanaman ini meringankan kelelahan mental dan telah lama digunakan untuk mengobati infeksi saluran pencernaan. Orang Cina sering menggunakannya untuk mengobati sakit kepala migrain. Juga dapat membantu mencegah penumpukan plak pada gigi, dan karena daun mengandung fluoride alami, maka dapat membantu dalam mencegah kerusakan gigi. Dapat membantu untuk mengatur kadar gula darah dan tingkat insulin. Peneliti Swiss bahkan memiliki bukti awal bahwa teh hijau mempercepat pembakaran lemak pada orang yang kelebihan berat badan.

Sebuah studi kecil tapi menarik pada tahun 1999, yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan peningkatan pengeluaran energi dan oksidasi lemak pada pria yang mengkonsumsi ekstrak teh hijau sebagai lawan plasebo atau kafein saja.

Menurunkan berat badan

The American Journal of Clinical Nutrition mengadakan penelitian dimana ditemukan bahwa ekstrak teh hijau secara signifikan meningkatkan pengeluaran energi (ukuran metabolisme) dan oksidasi lemak. Para peneliti merasa bahwa penelitian ini memiliki implikasi yang baik untuk mengendalikan berat badan. Studi ini menunjukkan peningkatan hampir 40% pada thermogenesis siang hari. Dengan kata lain, pelaku diet akan membakar 40% lebih banyak lemak sepanjang hari setelah mengkonsumsi ekstrak teh hijau.

Mencegah kanker

Antioksidan EGCG mengaktifkan proses yang disebut apoptosis. Menariknya, sel yang dimatikan hanya sel-sel kanker, bukan sel yang sehat. EGCG juga dapat meningkatkan sistem antioksidan alami tubuh, mendorong pengeliminasian molekul oksigen yang merusak yang disebut radikal bebas.
Hasan Mukhtar, Ph.D., profesor di Case Western Reserve University, percaya bahwa ada “indikasi kuat bahwa teh hijau dapat melindungi terhadap resiko kanker prostat, esofagus, dan perut”

Pria Jepang, yang biasa minum 4-6 cangkir teh hijau setiap hari, secara signifikan memiliki tingkat kematian akibat kanker prostat lebih rendah dibanding orang Barat . Dan kejadian kanker prostat di Cina, yang populasinya mengkonsumsi teh hijau secara teratur, adalah yang terendah di dunia. Semakin banyaknya bukti baik dari percobaan terhadap hewan maupun bukti laboratoris menunjukkan bahwa mungkin saja teh hijau yang melindungi orang-orang ini dari kanker prostat. Sebuah studi di Mayo Clinic akhir-akhir ini menemukan bahwa polifenol utama dalam teh hijau yang disebut EGCG dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat dan dalam konsentrasi tinggi menghancurkannya. Para ilmuwan di Case Western Reserve University di Cleveland melaporkan baru-baru ini bahwa polifenol teh hijau menghambat enzim yang over-expressed dalam kanker prostat, mengindikasikan bahwa teh hijau mungkin efektif dalam pencegahan kanker prostat. Studi pendahuluan oleh peneliti Jepang di Kobe University menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak teh hijau dan kemudian disuntik dengan zat yang menyebabkan kanker prostat kurang mungkin untuk terkena tumor dibanding hewan kontrol.

Dalam sebuah studi skala besar dengan lebih dari 35.000 wanita pasca-menopause di Iowa (American Journal of Epidemiology, 7/96), mereka yang minum dua atau lebih cangkir teh setiap hari lebih cenderung untuk tidak terkena kanker pada saluran kemih atau pencernaan.

Satu studi besar-besaran di Cina menemukan bahwa orang yang minum sedikitnya satu cangkir teh hijau seminggu selama enam bulan, kurang memiliki risiko terkena beberapa jenis kanker (rectal, pankreas, dan lain-lain) dibanding orang yang jarang atau tidak sama sekali minum teh hijau. Penelitian awal lainnya menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu untuk memerangi kanker-kanker payudara, perut, dan kulit.

Para ilmuwan bahkan telah menemukan bahwa penerapan teh hijau pada kulit dapat membantu menyembuhkan dan mencegah beberapa jenis kanker kulit dan gangguan kulit lainnya, melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang dan kerusakan jangka pendek akibat sinar ultraviolet, dan bertindak sebagai agen antibakteri bila diterapkan pada infeksi kulit.

Bukti dari Nurses ‘Health Study menunjukkan bahwa konsumsi minuman teh hijau dihubungkan dengan lebih rendahnya insiden kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker saluran pencernaan. Dalam sebuah studi fisiologis pada sukarelawan manusia, minum teh hijau sewaktu makan dapat menghambat perkembangan nitrosamin (senyawa karsinogenik).

Mencegah dan mengobati arthritis

Antioksidan dalam teh hijau dapat mencegah dan mengurangi keparahan osteoarthritis. Penelitian telah membuktikan bahwa jika Anda mengkonsumsi sekitar empat cangkir teh hijau sehari, Anda mungkin dapat terhindar dari resiko menderita arthritis, tapi jika Anda sebelumnya sudah menderita arthritis, maka mengkonsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan yang ditimbulkannya.

Dalam percobaan pada hewan yang hasilnya diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences pada tahun 1999, peneliti menemukan bahwa polifenol, antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau, mengurangi perkembangan jenis arthritis yang mirip dengan rheumatoid arthritis pada manusia. Polifenol tersebut tidak hanya mengurangi perkembangan arthritis, tetapi pada mereka yang sudah terjangkit penyakit ini ternyata penyakitnya menjadi lebih ringan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya air minum biasa. Dari 18 hewan yang meminum polifenol, hanya 8 yang mengembangkan arthritis, dibandingkan dengan 17 dari 18 tikus dalam kelompok kontrol. Menurut para peneliti: “Berdasarkan data kami, kami sangat ingin menunjukkan bahwa teh hijau pada umumnya, dan khususnya polifenol yang terkandung di dalamnya, mungkin terbukti menjadi suplemen/pelengkap yang berguna dengan agen lainnya untuk pengobatan arthritis”

Khasiat dan manfaat teh hijau

Sifat teh hijau yang: anti-virus, antioksidan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut, analgesik, astringen, kardiotonik, membantu pencernaan, menenangkan, dan karminatif.
Bisa digunakan untuk: melawan kanker, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, memfasilitasi dalam penurunan berat badan dan oksidasi lemak, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker, membantu mengatur gula darah, mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah borok, memperlambat proses penuaan, kontrol peradangan, mengurangi kolesterol darah, melawan pilek virus dan flu, mencegah penyakit gusi, gigi berlubang, dan bau mulut, dapat membantu mencegah osteoporosis dan penggumpalan darah, membantu menstabilkan lipid darah, trigliserida tinggi, hipertensi, menurunkan risiko arteriosclerosis, memperbaiki rasio kolesterol HDL kolesterol LDL, mengurangi agregasi platelet